Unsur pokok Kebudayaan Menuru Melville dan Para ahli

Budaya  adalah suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya.(Baca sumber)

Adapun dari segi bahasa Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, adalah bentuk jamak dari Buddhi (pikiran atau akal) yang dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan pikiran, dan akal manusia. Secara umum, budaya didefinisikan sebagai hasil kreativitas manusia, rasa dan inisiatif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum adat dan setiap selera dan kebiasaan. (Baca Sumber)

Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh budaya yang dimiliki oleh komunitas itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Unsur pokok Kebudayaan Menuru Melville dan Para ahli

(Sumber gambar: maxmanroe.com)

Memahami Kebudaayaan Menurut Para Ahli

Pemahaman Pengertian kebudayaan juga  Dapat budaya sebagai gaya hidup semua masyarakat secara keseluruhan, sebuuah budaya yang kompleks, serta kebudayaan bersifat abstrak dan luas. Lantas bagaimana sudut pandang dari  para ahli mengenai Pemahaman sebuah kebudayaan? Berikut ini kami akan memberikan sumber sebagai penguat tentang pendapat pemahaman kebudayaan menurut para ahli, dimana kami mengambil 6 pendapat dari para ahli perihal pemahaman budaya ini, antaralain sebagai berikut:

Pertama, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh budaya yang dimiliki oleh komunitas itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism
.
Kedua, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Herskovits memandang budaya sebagai sesuatu yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

Ketriga, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Andreas Eppink, budaya mengandung seluruh gagasan tentang nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, sains dan seluruh struktur sosial, agama, dll., Di samping semua pernyataan intelektual, dan artistik yang menjadi ciri masyarakat.

Keempat, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Edward Burnett Tylor, budaya adalah keseluruhan yang kompleks, yang berisi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang dimiliki seseorang sebagai anggota masyarakat.

Kelima, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Selo Soemardjan, dan Soelaiman Soemardi, budaya adalah sarana kerja, rasa, dan kreativitas orang.

Keenam, Pengertian Unsur Pokok Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa pengertian budaya adalah seluruh umat manusia dari perilaku dan hasil yang harus diperoleh dengan belajar dan semua yang diatur dalam kehidupan manusia.

Elemen budaya

Ada beberapa pendapat ahli yang dikemukakan tentang komponen atau elemen budaya, termasuk yang berikut:

Melville J. Herskovits menyebutkan budaya memiliki 4 elemen utama, yaitu:
  • alat teknologi
  • sistem ekonomi
  • keluarga
  • kekuatan politik


Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 elemen utama yang termasuk:
  • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara anggota masyarakat untuk beradaptasi dengan alam sekitarnya
  • organisasi ekonomi
  • alat, dan lembaga atau petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • organisasi kekuasaan (politik)


Kluckhohn mengatakan bahwa ada 7 elemen budaya universal (kategori universal budaya), yaitu:
  • bahasa
  • sistem pengetahuan
  • sistem dan peralatan teknologi
  • sistem seni
  • sistem mata pencaharian hidup
  • sistem keagamaan
  • sistem kekerabatan, dan organisasi sosial


Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Unsur Budaya dan Pemahaman Menurut Pakar Paling Lengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat digunakan sebagai sumber literatur untuk melakukan pekerjaan. Sampai jumpa di posting selanjutnya.

Sumber:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur pokok Kebudayaan Menuru Melville dan Para ahli "

Post a Comment